Dinfio: Bahasa Pemrograman Baru yang Simpel - Muhammad Faruq Nuruddinsyah
Dinfio: Bahasa Pemrograman Baru yang Simpel

Alhamdulillah, setelah 2 tahun saya mengembangkannya, akhirnya bahasa pemrograman Dinfio rilis.
Dinfio adalah bahasa pemrograman yang memiliki paradigma dan syntax yang simpel. Bahasa ini mendukung paradigma prosedural, object oriented, dan event-driven.

Tujuan saya mengembangkan bahasa ini adalah agar pemrograman dapat mudah dipahami dan dipelajari oleh setiap orang. Saya ingin, dengan Dinfio ini, bukan syntax-syntax maupun grammar yang menjadi fokus dalam belajar pemrograman, melainkan konsep dan alur dalam memprogram.

Dikarenakan tujuan saya mengembangkan bahasa ini adalah hanya untuk mempermudah dalam belajar pemrograman, maka bahasa ini kurang cocok untuk membuat program dengan skala besar. Apabila bahasa ini dipaksakan untuk membuat program skala besar, maka program tersebut akan memiliki performa yang lambat. Namun, saya akan terus mengembangkan bahasa ini agar cocok juga untuk membuat program dengan skala besar.

Bahasa ini memiliki module bawaan, seperti: Standard I/O, String manipulation functions, Mathematical functions, File system, dan GUI. Dan saat ini ada beberapa module eksternal yang sedang dikembangkan, seperti: Date/Time functions, Abstract Data Types (ADTs), Serial communication, Data acquisition, dan lain-lain.

Bahasa ini dapat digunakan secara gratis dan dapat di-download di sini: http://dafturn.org/dinfio. Ukuran dari bahasa pemrograman ini juga sangat kecil, yaitu untuk interpreternya berukuran 489 KB, dan IDEnya 1.2 MB.

Video introductory dari Dinfio dapat dilihat disini: https://www.youtube.com/watch?v=63cFzWdFcLg

Saya berharap, semoga bahasa pemrograman Dinfio ini dapat bermanfaat untuk orang lain.

Regards,
Faruq


Tanggal posting: 16 April 2016 - Kategori: Programming